Kamis, 31 Juli 2014

KERAGAMAN SEBUAH KEKAYAAN

( Catatan Perjalanan di Negeri Tetangga)
Oleh : Salafudin Fitri, S.Ag.,M.Pd.

Lain lubuk, lain ikannya. Lain padang, lain belalang. Lain negara, lain pula sekolahnya. Itulah gambaran perbedaan antar satu daerah atau negara yang memiliki keragaman dengan ciri khas masing-masing.
Sekolah sebagai lembaga yang mendidik anak-anak bangsa, ternyata di negeri tetangga terdekat kita Malaysia banyak menyimpan keragaman yang menarik untuk dicermati. Ada yang layak untuk ditiru tetapi ada juga yang memang hanya sebagai bahan bandingan dengan yang ada di Indonesia.
Pertama, di tingkat sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah, anak-anak di sana belajar sampai sore. Jadi hampir tidak ada anak-anak usia sekolah yang keluyuran sore hari. Pada sore hari, ketika kita melihat mereka masih berpakaian seragam tentu tujuan mereka adalah sama yaitu pulang ke rumah masing-masing karena memang sudah seharian meninggalkan rumah.
Kedua, ternyata di Malaysia anak usia enam tahun belum bisa diterima di Sekolah Dasar. Syarat usia untuk bisa diterima adalah tujuh tahun pada bulan Januari. Bulan Januari adalah bulan pertama masuk sekolah dan menjadi awal tahun pelajaran seperti yang pernah terjadi di negara kita pada tahun 70-an. Jadi rata-rata tahun kelahiran anak dalam satu kelas sama.
Ketiga, dari sisi kurikulum terutama dalam pelajaran matematika dan sains, baik di tingkat dasar maupun menengah di Malaysia menggunakan literatur bahasa Inggris dan bahasa pengantar juga bahasa Inggris. Keadaan ini telah lama berlangsung, tetapi di tahun 2013 lalu pemerintah Malaysia memberikan alternatif dengan menyediakan buku teks berbahasa Melayu untuk warga negara yang belum mampu menguasai bahasa Inggris.
Pelajaran Agama, terutama pelajaran Pendidikan Agama Islam ternyata memiliki muatan yang sangat banyak dan mendalam. Setelah selesai belajar di sekolah umum, pada siang hari anak-anak pergi lagi ke sekolah yang khusus mengajarkan materi Pendidikan Agama Islam. Program ini wajib untuk semua. Inilah yang membuat mereka pulang setiap hari pada sore hari menjelang magrib.
Belajar Pendidikan Agama Islam, buku teks yang digunakan ternyata menggunakan teks dengan tulisan huruf Arab tetapi berbahasa Melayu. Di Indonesia teks tersebut dikenal dengan teks Arab Melayu. Di Malaysia orang menyebutnya tulisan Jawi.
Buku pelajaran agama yang biasa beredar di Indonesia ternyata juga beredar di Malaysia tetapi tentunya dicetak dengan teks ejaan Melayu. Buku belajar membaca Al Qur’an dengan metode Iqra yang disusun oleh KH. As’ad Humam dari Jogjakarta, ternyata anak-anak di Malaysia telah menggunakan buku tersebut. Di toko-toko buku sangat mudah mendapatkannya. Di toko buku Pasar Raya Rezeki Zam-Zam yang terletak di Komplek Pertokoaan Hentian Kajang, Selangor, harga 1 buku untuk 6 jilid yang dicetak Indonesia dijual dengan harga RM 5,5 atau setara Rp.16.500. Sedangkan yang dicetak di Malaysia dan dikonversi ke teks Arab Melayu dijual dengan harga RM 12 atau setara Rp. 36.000.
Keempat, dari sisi kelembagaan sekolah setingkat Sekolah Dasar dinamakan Sekolah Rendah dengan lama belajar 6 tahun. Sedangkan di tingkat menengah pertama dan menengah atas menjadi satu lembaga yaitu Sekolah Menengah yang lama belajarnya lima tahun. Jadi tidak ada SMP dan SMA seperti di negara kita, yang ada hanya satu yaitu Sekolah Menengah.
Tidak ada anak yang tidak naik kelas, semua anak akan naik kelas. Hanya saja masing-masing anak dikelompokan dalam klasifikasi yang berbeda. Di tingkat Sekolah Rendah ada kelas Usaha sebagai kumpulan anak yang masih belum mampu meraih prestasi baik. Sedangkan anak yang berhasil meraih nilai baik akan digabungkan dalam kelas atau kelompok Cemerlang.
Tingkatan atau kelas yang menunjukan lama belajar anak di sekolah yang biasa kita sebut kelas satu, kelas dua sampai kelas enam di jenjang Sekolah Dasar penyebutannya adalah Darjah. Ada Darjah satu, Darjah Dua dan seterusnya sampai Darjah enam.
Setiap sekolah yang berlabel Kebangsaan adalah Sekolah yang dikelola sepenuhnya oleh Pemerintah atau sekolah negeri seperti negara Indonesia. Sedangkan sekolah yang dikelola oleh pihak swasta diberi nama sekolah awam. Baik sekolah Kebangsaan maupun sekolah Awam keduanya sama-sama berpacu untuk selalu meningkatkan kualitas dengan berbagai cara dan strategi.
Ujian Nasional yang saat ini di Indonesia tidak lagi dilaksanakan untuk tingkat SD/MI, di Malaysia ternyata telah lama berlangsung dan tidak pernah ada gugatan untuk dihapus. Ujian Nasional dilaksanakan mulai tingkat dasar sampai tingkat menengah. Dilaksanakan secara jujur. Tidak ada upaya dari guru ketika muridnya sedang ujian guru member kunci jawabannya. Murid bekerja masing-masing. Sehingga hasil ujian adalah gambaran kemampuan masing-masing murid, bukan gambaran keterampilan guru member jawaban kepada murid.
Di tingkat Perguruan tinggi setara S1 (Strata 1) tidak ada gelar untuk para alumninya. Gelar hanya diberikan untuk tingkat S2 (Strata 2) dan S3 (Strata 3). Untuk S2 diberi gelar Master dan S3 akan diberi gelar PhD atau Doktor.
Mahasiswa Perguruan Tinggi di Malaysia yang asli pribumi atau bangsa Melayu diberi kemudahan oleh pihak pemerintah atau pihak kerajaan dengan adanya bantuan dana. Mereka diberi pinjaman dana. Kemudian setelah selesai menamatkan pendidikan di Perguran Tinggi dan berhasil mendapatkan pekerjaan baru mengembalikan dana tersebut dengan cara mencicil dari gaji yang diterima setiap bulan.
Warga Indonesia yang ingin menuntut ilmu, telah menaruh harapan pada Perguruan Tinggi yang ada di Malaysia. Ternyata tidak sedikit yang ikut belajar di Malaysia. Berdasarkan catatan dari Inti College Indonesia, ada sekitar 15.000 warga Indonesia yang menuntut ilmu di berbagai perguruan Tinggi di Malaysia, seperti di Universitas Kebangsaan Malaysia. Universitas Utara Malaysia, Universitas Malaya, Universitas Islam Antarabangsa Malaysia dan sejumlah Perguruan Tinggi lainnya. (www.inti.ac.id/Newinti3 tgl. 11-11-2013)
Sebagai negara yang berada dalam satu rumpun Asia Tenggara, Malaysia banyak memiliki kesamaan dengan Indonesia. Ketika penulis menghadiri acara perkawinan anak salah seorang guru di Sekolah Menengah Kebangsan (SMK) Dato Mustaffa di negara bagian Selangor, penulis terkejut karena para murid SMK tersebut mulai dari awal sampai akhir menyajikan hiburan musik gamelan dengan lagu-lagu daerah Indonesia. Dengan penuh penghayatan dan apresiasi yang tinggi, mereka menyuguhkan lagu Ayam Den Lapeh, Bubuy Bulan, Injit-injit Semut dan masih banyak lagi lagu-lagu lain yang semua lagu adalah milik bangsa Indonesia. Komentar singkat yang terlontar dari mulut guru pembimbing ketika itu adalah : “Siapa lagi yang harus menghidupkan kebudayaan kita, kalau tidak para pelajar yang saat ini memang mereka cinta dengan hal-hal yang bernuansa kedaerahan dan keragaman”
Rasa malu sekaligus bercampur haru, karena apa yang telah kita miliki ternyata diakui juga oleh saudara kita di Malaysia. Kita pantas malu karena ketika ada pesta perkawinan sanak saudara kita, sangat jarang menampilkan lagu-lagu seperti yang ditampilkan anak-anak pelajar di Malaysia. Kita sukanya lagu-lagu yang bernada menggoyang, tak peduli kadang kala lagu itu bersumber dari negara Barat.
Jadi apapun yang menjadi keragaman di Malaysia, ternyata menjadi sesuatu yang sebenarnya menyadarkan kita. Mereka maju dari segi ekonomi, pendidikan, dan teknologi, tetapi ternyata mereka masih merindukan nuansa-nuansa kebudayaan daerah yang menjadi warisan leluhur bersama. Itulah mungkin yang menjadi bukti bahwa kita memang satu rumpun, satu jalinan keturuan, satu kebudayaan tetapi berbeda negara dan sistem pemerintahan.
Semoga tulisan ini menggugah kita untuk tidak mempersoalkan perbedaan. Tetapi menginspirasi untuk selalu memahami keragaman. Serta bersyukur bahwa keragaman adalah kekayaan, bukan sumber untuk dipertentangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar